Read Time:7 Minute, 55 Second


Kebun Binatang Ragunan

Lokasi: Jl. Harsono RM No.1, Ragunan, Kec. Pasar Minggu, Kota Jakarta Selatan.
Map: Cek Lokasi

Kebun Binatang Ragunan, Tempat Liburan Favorit Akhir Pekan Sekaligus Tempat Belajar Satwa di Jakarta dengan Luas 140 Hektar. Kebun Binatang yang Memiliki banyak Hewan Langka, seperti Orangutan, Kakatua, Gorila, Anoa dan Gajah.

Kebun Binatang masih menjadi tempat liburan alternatif menyenangkan bersama keluarga maupun kerabat terdekat. Ibukota Jakarta juga mempunyai Kebun Binatang Ragunan sebagai tempat berlibur terbaik untuk melepaskan penat. Bukan hanya berkenalan dengan aneka satwa langka yang dilindungi semata, karena umumnya kebun binatang bisa juga menjadi wisata edukasi yang dilengkapi aneka hiburan menyenangkan. Berikut ulasannya.

Sejarah Berdirinya Kebun Binatang Ragunan

Image Credit: Triptrus.comImage Credit: Triptrus.com

Image Credit: Triptrus.com

Meski namanya sudah cukup familiar, sayangnya masih banyak yang tidak mengetahui sejarah berdirinya tempat wisata satu ini. Awal mulanya, tempat penangkaran hewan ini berdiri di lahan pemberian Raden Saleh di Jaksel tahun 1864. Sejak didirikan, tempat wisata ini beberapa kali mengalami perubahan nama. Hingga pada akhirnya, penangkaran ini pun dipindahkan ke daerah Ragunan dengan luas lahan sekitar 30 Ha.

Bukan hanya berubah tempat, namanya turut mengalami perubahan kembali menjadi Taman Margasatwa Ragunan tepat pada tanggal 22 Juni 1966. Selain pernah berpindah tempat dan mengganti nama, siapa sangka jika Ragunan pernah tutup akibat terinfeksi virus flu burung namun berhasil pulih dan aman dikunjungi kembali. Mengalami perjalanan panjang, kini Ragunan semakin dipadati pengunjung yang tertarik berkenalan dengan satwanya.

Tips Mengunjungi Kebun Binatang Ragunan

Image Credit: Mediaindonesia.com

Agar acara berlibur lebih nyaman dan sesuai dengan ekspektasi Anda, setidaknya ada beberapa tips yang bisa diterapkan ketika mengunjungi Taman Satwa satu ini. Tips yang pertama yaitu datang lebih pagi untuk menghidari kemacetan di tengah perjalanan. Selain menghindari kemacetan, sepanjang perjalanan Anda bisa merasakan udara sejuk nan segar. Inilah alasan mengapa di pagi hari, sudah banyak kendaraan yang mengantri masuk ke kawasan wisata.

Akses menuju lokasi wisata memang cukup mudah berkat jalannya yang mulus, sehingga tamu jauh dari luar daerah bisa datang menggunakan kendaraan pribadi baik mobil maupun motor. Sayangnya, peningkatan jumlah pengunjung di musim liburan tidak jarang membuat area parkir menjadi terbatas. Alhasil, berkunjung dengan menaiki transportasi umum bisa menjadi alternatif untuk mensiasati hal buruk ketika sampai di lokasi wisata.

Tips lainnya berkaitan erat dengan tiket masuk. Seperti yang bisa diduga, loket tiket masuk ke tempat wisata ini dibagi menjadi dua yaitu khusus dewasa dan anak anak. Demi kenyamanan dan lebih efektif, kini dihadirkan cara pembayaran baru menggunakan JakCard yang dikeluarkan oleh Bank DKI. Berkat kartu ini, pengunjung tidak perlu lagi mengantri panjang hanya untuk mendapatkan kertas karcis tanda masuk.

WAJIB BACA  Trans Studio Cibubur, Taman Indoor Dengan 5 Zone Tercanggih

Bagaimana dengan pengunjung yang masih belum memiliki kartu tersebut ? Tidak perlu panik, karena Anda bisa membelinya di loket masuk Ragunan. Hanya dengan membayarkan sekitar Rp. 30 ribuan saja, di dalam kartu sudah tersedia saldo Rp. 20 ribuan dan Rp. 10 ribu untuk biaya pembuatan kartunya. Jika datang secara rombongan, hanya dibutuhkan satu kartu saja asalkan saldo di dalamnya masih cukup untuk menampung semua anggotanya.

Hal yang tidak kalah penting diperhatikan adalah melihat peta ataupun menyewa sepeda Ragunan. Mengapa kedua hal ini begitu penting ? Perlu diingat kembali bahwa kebun binatang satu ini, cukup luas yang tidak jarang pengunjung merasa kelelahan di tengah perjalan. Namun jika anda memang tertarik menikmati semilir angin sejuknya dengan santai sembari menikmati pepohonan rindang, berjalan kaki memang pilihan tepat.

Selain bersepeda santai, tersedia pula kereta wisata yang sangat bermanfaat ketika berkunjung secara rombongan. Cukup mengeluarkan dana sekitar Rp. 8 ribuan, kini Anda bisa menyusuri setiap sudut kawasan wisata dengan duduk manis di dalam bangku empuk kereta. Sesekali kereta akan berhenti sementara di beberapa kandang, sehingga pengunjung tidak akan melewatkan satupun hal kecil sekalipun.

Agar tidak tersesat, jangan lupa untuk melihat papan petunjuk ataupun peta yang sudah disediakan. Banyaknya satwa yang ada di dalam kawasan wisata, sayangnya justru menghadirkan rasa bingung akan menuju kemana. Namun tidak perlu khawatir, sebab satu tempat dengan tempat yang lain tetap terhubung dan sudah dilengkapi dengan papan penunjuk demi memudahkan pengunjung.

Membawa bekal dan tikar termasuk tips yang tidak boleh disepelekan. Sebab kawasan wisata ini seringkali mengalami pembludakan jumlah pengunjung terutama di musim libur panjang. Alhasil, sejumlah fasilitas seperti pendopo ataupun food court akan ramai bahkan tidak ditemukan tempat duduk untuk menikmati santapan kulinernya. Sebagai langkah pencegahan, tidak ada salahnya membawa tikar dan bekal sendiri agar tidak kelaparan.

Membawa bekal sendiri juga bisa menekan pengeluaran terlalu banyak, sekaligus mempererat hubungan dengan menikmati makanan di bawah pohon rindang. Berutungnya lagi, pengunjung dimanjakan dengan lahan khusus yang bisa dimanfaatkan untuk berpiknik ria dan tidak perlu khawatir akan kepanasan. Selain membawa tikar sendiri, Anda juga bisa membeli dari pedagang tikar yang berada di dekat pintu masuk sebagai opsi lainnya.

Memasuki jaman serba canggih, ternyata teknologi juga bisa diterapkan ketika mengunjungi kawasan wisata ini. Karena kini sudah hadir sebuah aplikasi bernama Ragunan Zoo yang bisa diunduh secara gratis, yang menyediakan beragam informasi lengkap mulai dari harga tiket hingga jadwal atraksi hewan tertentu. Bahkan aplikasi ini sudah dilengkapi dengan peta digital, sehingga pengunjung tidak perlu takut akan tersesat di kawasan wisata yang luas tersebut.

WAJIB BACA  Taman Cattleya, Taman Pelepas Penat Dari Kemacetan Jakarta

Aktifitas Seru yang Dapat Dilakukan di Ragunan

Aktifitas Seru yang Dapat Dilakukan di RagunanAktifitas Seru yang Dapat Dilakukan di Ragunan

Image Credit: Photo.sindonews.com

Selama berada disana, setidaknya ada beberapa aktifitas yang bisa dilakukan agar tidak merasa bosan. Aktifitas asyik yang bisa dilakukan antara lain menilik tempat unik bernama Pusat Primata Schmuter, mengenal sekaligus mempelajari aneka flora dan fauna, melihat koleksi bunga di taman anggrek, piknik dan rekreasi, hingga mencoba berbagai wahana seru di sekitar area rekreasi satwanya.

Semua aktifitas tersebut dijamin dapat membuat pengunjung merasa betah dan tidak ingin pulang lebih cepat. Belum selesai sampai disana, bahkan pengunjung disuguhkan dengan area hijau tampak membentang luas yang dapat meningkatkan kesan nyaman sekaligus menyegarkan mata. Sebagian pengunjung banyak memanfaatkan lahan hijau tersebut untuk piknik sederhana sembari menikmati bekal yang dibawa.

Wahana Bermain yang Tersedia di Kebun Binatang Ragunan

Wahana Bermain yang Tersedia di Kebun Binatang RagunanWahana Bermain yang Tersedia di Kebun Binatang Ragunan

Image Credit: Thetripcorner.com

Sebagai tempat wisata populer, wajar jika pihak pengelola ingin memberikan fasilitas lengkap demi kenyamanan dan kepuasan pengunjung. Menghadirkan beragam wahana seru untuk dicoba baik untuk anak anak maupun orang dewasa, adalah salah satu bentuk fasilitas yang diberikan. Beberapa wahana tersebut tampak menyebar di beberapa sudut area wisata, sehingga pengunjung bisa memilih wahana yang dianggap menarik dan ingin dicoba.

Misalnya saja jika berkunjung ke Zona rekreasi, disana tersedia Primata Schmutzer atau sebagai pusat zona primata yang dirancang bak habitat aslinya. Di tempat ini pula terlihat Gorila Afrika yang menjadi pusat perhatian pengunjung karena dianggap menarik perhatian. Sedangkan di area Taman Satwa akan bertemu dengan aneka hewan mamalia, reptil, hingga unggas burung yang cantik dan memukau.

Berbeda lagi jika mengunjungi Taman Satwa Anak, yang menjadi tempat favorit si kecil bertemu aneka satwa yang sekiranya disukai anak anak. Contoh satwa yang bisa ditemukan disini yaitu ikan Arapaima Amazon, burung kakak tua, hingga Ular Condrophyton. Bahkan di tempat ini pula tersedia beberapa wahana seru seperti perosotan, kereta, hingga ayunan yang membuat si kecil merasa betah berlama lama.

Apabila tertarik mencoba wahana yang berbeda, pilih saja wahana sepeda tunggal maupun wahana sepeda ganda sebagai alternatifnya. Wahana ini bisa menjadi sarana berolahraga santai sembari menikmati nuansa di kawasan wisata. Tersedia pula perahu angsa berwarna warni yang siap membawa pengunjung menyusuri danau cantik. Sensasi pengayuh perahu di dalam taman satwa, bisa memberikan pengalaman berbeda yang akan terus terkenang.

Gajah Tunggang adalah wahana populer yang banyak diincar pengunjung. Kuda tunggang disebut sebagai wahana yang dapat menantang adrenalin lainnya, karena pengujung dipersilahkan menunggangi kuda bak cowboy dan banyak disukai oleh anak anak. Selain kuda, ada pula Onta Tunggang yang siap membawa pengunjung mengelililingi area sekitar kandangnya. Adanya wahana tunggang ini dirasa mampu meningkatkan minat pengunjung.

WAJIB BACA  Menikmati Liburan Seru ke Ocean Dream Samudra Jakarta

Di sudut lain kebun binatang, hadir sebuah taman Anggrek Ragunan yang menjadi tempat khusus aneka jenis bunga anggrek akan dipamerkan. Satu lagi wahana yang tidak boleh dilewatkan yaitu ornamen hewan, tumbuhan, serta toko yang ada di dalam area wisata. Ornamen tersebut biasa dimanfaatkan pengunjung untuk mengabadikan foto jika dirinya sudah pernah mengunjunginya.

Fasilitas Umum yang Ada di Kebun Binatang Ragunan

Fasilitas Umum yang Ada di Kebun Binatang RagunanFasilitas Umum yang Ada di Kebun Binatang Ragunan

Image Credit: Wisatabagus.com

Puas mengupas aktifitas dan wahana yang disediakan, kini saatnya membahas fasilitas yang tersedia. Sebagai tempat wisata yang cenderung banyak dikunjungi wisatawan, sejumlah fasilitas tentunya menjadi perhatian penting. Beruntungnya pihak pengelola memperhatikan betul kenyamanan dan keamanan pengujung dengan memberikan fasilitas lengkap.

Beberapa fasilitas yang ada seperti area parkir cukup luas, toko souvenir, toilet, mushola, wahana dan taman bermain, tempat rekreasi yang nyaman dan rindang, hingga kedai makanan tersedia disini. Di tempat ini pula tersedia penyewaan stroller maupun pendopo, untuk mengistirahatkan tubuh yang lelah setelah berjalan mengelilingi taman satwa yang luas nan lapang tersebut. Agar lebih hemat, silahkan bawa tikar dari rumah dan melakukan piknik sederhana.

Lokasi & Jam Operasional Ragunan

Kebun Binatang RagunanKebun Binatang Ragunan

Image Credit: Teronggemuk.com

Setelah membaca ulasan di atas, apakah Anda tertarik mengunjunginya bersama dengan keluarga tercinta ? Segera meluncur ke Jalan Harsono RM 1, Ragunan, Kecamatan Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan. Jika merasa kesulitan menemukan tempat wisatanya, silahkan mengandalkan aplikasi canggih di smartphone kesayangan ataupun meminta bantuan dari orang sekitar yang tidak sengaja ditemui di tengah perjalanan.

Sebelum berangkat ke tempat wisata, pastikan untuk mengetahui informasi dasar seperti jam operasinalnya. Khusus untuk Taman Satwa Ragunan siap menerima pengunjung mulai dari jam 07.30 pagi hingga jam 4 sore saja. Dibuka setiap hari Selasa hingga Minggu, sedangkan hari Senin sementara tidak menerima pengunjung. Tempat ini juga tutup di Hari Raya Idul Fitri, sehingga hendaknya tidak mengunjungi pada hari hari tersebut.

Hiruk pikuk kota metropolitan tak jarang menghadirkan kesan jenuh bagi penduduknya, sehingga kehadiran tempat wisata menyenangkan seperti Ragungan dirasa cukup mengobatinya. Destinasi wisata primadona ini seakan tidak pernah sepi pengunjung, dan aka terjadi lonjakan pengunjung jika menjelang akhir pekan maupun hari libur panjang lainnya. Sebelum berangkat kesana, pastikan untuk mengetahui tipsnya terlebih dahulu.



SItus ini ini adalah situs aggregator berita. Artikel asli dimuat disini

Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleppy
Sleppy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close