Read Time:1 Minute, 37 Second

Pengelola Pusat Perbelanjaan Diminta Terus Terapkan Protokol Kesehatan

Reporter : Aldi Geri Lumban Tobing | Editor : Toni Riyanto | Selasa, 28 Juli 2020 11:29 WIB | Dibaca 90 kali

Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi Usaha Kecil Menengah (PPKUKM) DKI Jakarta meminta pengelola pusat perbelanjaan atau mal untuk terus menerapkan protokol kesehatan pencegahan penularan COVID-19.

” Pembersihan dengan cairan disinfektan”

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas PPKUKM DKI Jakarta, Elisabeth Ratu Rante Allo mengatakan, ada sebanyak 82 pusat perbelanjaan di DKI Jakarta yang telah dilakukan pengawasan penerapan protokol kesehatan pencegahan penularan COVID-19 secara rutin.

“Kami minta pengelola pusat perbelanjaan rutin melakukan pembersihan dengan cairan disinfektan yang mencakup semua area kerja, tempat toko, tenant, berikut fasilitas, peralatan kerja, maupun permukaan yang sering disentuh pekerja,” ¬†ujarnya, Selasa (28/7).

Ratu menjelaskan, Dinas PPKUKM telah menyiapkan sejumlah upaya dan langkah apabila menerima laporan adanya pekerja yang berstatus Orang Tanpa Gejala (OTG), Orang Dalam Pengawasan (ODP), serta Pasien Dalam Pengawasan (PDP), atau konfirmasi positif COVID-19.

“Apabila ada pegawai atau karyawan yang terkonfirmasi positif dikoordinasikan oleh Dinas Kesehatan dan akan ditindaklanjuti oleh Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 di DKI Jakarta,” terangnya.

Menurutnya, pengelola pusat perbelanjaan harus melakukan penutupan terhadap toko atau tenant tersebut minimal 1 x 24 jam untuk dilakukan pembersihan dengan cairan disinfektan apabila ada temuan kasus.

WAJIB BACA  Dispora Siap Fasilitasi Kegiatan Berkesenian

Prosedur penutupan ini sesuai Peraturan Gubernur Nomor 51 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pembatasan Sosial Skala Besar Pada Masa Transisi Menuju Masyarakat Sehat, Aman, Dan Produktif.

“Pasal 10 menyebutkan penghentian sementara aktivitas di tempat kerja atau tempat kegiatan selama proses pembersihan dan disinfeksi paling sedikit 1×24 jam,” ungkapnya.

Ia menambahkan, mitigasi yang dilakukan Dinas PPKUKM DKI Jakarta untuk pusat perbelanjaan atau mal yaitu mengintensifkan pengawasan serta monitoring untuk memastikan protokol kesehatan yang telah ditetapkan.

“Kami ingin seluruh aturan yang telah dibuat bisa dijalankan dengan baik oleh seluruh pengelola pusat perbelanjaan dan para pemilik toko atau tenant,” tandasnya.



SItus ini ini adalah situs aggregator berita. Artikel asli dimuat disini

Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleppy
Sleppy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close