Read Time:6 Minute, 18 Second


Pulau Bidadari Jakarta

Lokasi: Pulau Untungjawa, Kec. Kepulauan Seribu Selatan, Kab. Kepulauan Seribu.
Map: Cek Lokasi

Pulau Bidadari termasuk dalam gugusan Kepulauan Seribu yang menawarkan keindahan dapat membuat terpukau. Aktifitas yang bisa dilakukan di Pulau ini mulai dari bermain wahana air hingga belajar tentang sejarah.

Memiliki jarak sekitar 15 KM dari kota Jakarta, maka Pulau Bidadari dapat menjadi salah satu tempat yang pas untuk melepas penat. Untuk itu, ketika Anda bingung dalam menentukan liburan di akhir pekan, pulau kecil nan eksotis ini dapat menjadi alternatif pilihan untuk keluarga anda. Bagi Anda yang penasaran apa saja yang bisa Anda lakukan di tempat satu ini, berikut simak ulasan selengkapnya.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Bidadari

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau BidadariDaya Tarik yang Dimiliki Pulau Bidadari

Image Credit: Tribunnews.com

Mengunjungi pulau satu ini, terdapat banyak sekali hal yang bisa untuk Anda lakukan. Untuk salah satunya adalah Island Hopping yang bertemakan sejarah. Jika Hopping IslAnda pada pulau lain hanya akan memperlihatkan pesona alam dan juga keindahan bawah lautnya, maka Anda pun akan merasakan sensasi yang berbeda ketika sedang berada di Pulau Bidadari.

Untuk Hopping Island yang ada di pulau satu ini yakni mengusung tema sejarah. Dimana ketika Anda melihat panorama alam yang ada di pulau pulau kecil sekitar, maka Anda pun juga bisa sekaligus untuk belajar sejarah tentang perjuangan Kemerdekaan Indonesia. Anda pun bisa menyempatkan untuk mengunjungi Benteng Martello yang ada di Pulau Kelor. Benteng satu ini memiliki fungsi sebagai benteng pertahanan di jaman penjajahan Belanda.

Selain itu, ada pula Pulau Onrust dan Pulau Cipir yang dimanfaatkan oleh BelAnda sebagai lokasi untuk karantina haji. Pasalnya, masih terdapat puing puing bekas bangunan dari tempat karantina tersebut yang masih terlihat di kedua pulau tersebut. Akan tetapi, kedua bangunan tersebut hanya tinggal puing belaka dan tidak berbentuk lagi.

Kegiatan Menarik Dilakukan di Pulau Bidadari

Ada pula kegiatan lain yang bisa Anda lakukan ketika sedang berada di Pulau Bidadari. Untuk Anda yang datang bersama pasangan, maka tak ada salahnya untuk mengabadikan momen yang indah ketika berada disini dengan berfoto di pohon jodoh. Hal ini dikarenakan terdapat mitos unik yang berkembang di kalangan pengunjung ataupun wisatawan. Dimana terdapat sebatang pohon kepuh yang telah memiliki usia ratusan tahun di pulau satu ini.

WAJIB BACA  Ecopark Ancol, Character Building Academy Bagi Anak Jakarta

Bahkan, di kabarkan bahwa pohon satu ini telah ada sejak jaman penjajahan Belanda. mitos tersebut mengatakan bahwa ketika Anda datang bersama pasangan ke pulau satu ini. Maka Anda pun bisa berfoto di pohon jodoh tersebut. dengan begitu, mitos pun mengatakan bahwa hubungan akan menjadi langgeng. Hal ini tentu saja bisa dipercayai ata tidak. Namun, berfoto dengan menggunakan latar belakang pohon yang telah berusia ratusan tahun tentu saja akan sangat mengagumkan.

Hal lain yang menjadi daya tarik dari Pulau Bidadari adalah adanya penginapan di atas laut. Tentu saja penginapan satu ini pun akan berbeda dengan resort pada umumnya. Pulau Bidadari sendiri memilki Eco Resort yang berada di atas laut. Sehingga nantinya Anda pun akan seolah olah melihat perkampungan nelayan yang sedang terapung.

Akan tetapi, Anda pun tak perlu khawatir. Pasalnya, bangunan tersebut dibangun pada cottage yang terapung. Sehingga nantinya akan memiliki struktur yang kokoh. Fasilitas di setiap cottage ini pun tentu saja tak akan kalah dengan hotel pada umumnya. Untuk itu, wisatawan pun akan bisa untuk beristirahat secara nyaman di tempat satu ini.

Ditambah lagi dengan pemandangan alam laut yang memukau akan membuat Anda merasa betah di tempat satu ini. Tentu saja, Eco Resort ini akan menjadi salah satu tempat yang memiliki fasilitas setara dengan hotel. Untuk itu, pengunjung juga akan bisa untuk menikmati pemandangan laut dengan bebas. Hotel tersebut pun juga memiliki keunikan yakni mirip dengan rumah adat Minahasa.

Tak hanya itu saja, Pulau ini pun juga telah dilengkapi dengan pengalaman untuk bermain air. Mulai dari banana boat dan canor dapat Anda lakukan disini. Untuk itu, ketika Anda ingin menghabiskan liburan di pulau ini, tak ada salahnya untuk meminta paket wisata yang telah menyediakan peralatan untuk watersport atau tidak.

WAJIB BACA  Menikmati Liburan Seru ke Ocean Dream Samudra Jakarta

Untuk itu, jika belum memilikinya maka Anda pun bisa menyewa dengan menggunakan harga yang lebih bersahabat. Namun, karena pulau satu ini memiliki wilayah yang cukup dekat dengan ibukota Jakarta maka wisatawan tidak disarankan untuk melakukan aktifitas snorkeling dan diving. Hal ini dikarenakan khawatir jika perairan sekitar memiliki dampak polusi karena berada di sekitar ibukota.

Sejarah Singkat Pulau Bidadari

Sejarah Singkat Pulau BidadariSejarah Singkat Pulau Bidadari

Image Credit: Travelwisatapulauseribu.com

Pulau yang tidak jauh dari Jakarta ini, secara geografis memiliki kedekatan dengan Pulau Kayangan, Pulau Ayer, Pulau Onrust dan Pulau Kelor. Sehingga hal ini berarti bahwa kelima pulau tersebut masih berada satu kesatuan dalam wilayah Kelurahan Untung Jawa, tepatnya di Kecamatan Pulau Seribu. Karena memiliki yang dekat dengan daratan membuat pulau ini memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Pulau ini awalnya memiliki nama yakni Pulau Pumered atau Pulau Sakit. Hal ini dikarenakan menurut sejarahnya, di mana abad ke 17 pulau ini pun dijadikan sebagai rumah sakit sekaligus pengasingan bagi Anda para penderita kusta dan lepra yang dibangun oleh kolonial Belanda. setelah Indonesia merdeka, maka pulau ini pun menjadi terlantar dan ditinggalkan. Lalu, pembangunan di tahun 1970 ini membuat Pulau Bidadari menjadi resort yang sangat cantik dan dibanggakan.

Fasilitas yang Tersedia di Pulau Bidadari

Image Credit: Aksikata.com

Sejak pembangunan di tahun 1970 tersebut, pulau satu ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Pasalnya, pengelolaan yang cukup baik membuatnya menjadi salah satu resort yang memiliki fasilitas penunjang dengan kemewahan laksana hotel. Untuk fasilitas lain yang bisa Anda nikmati antara lain seperti klam renang ana. Fasilitas ini merupaan salah satu hal menarik yang bisa Anda nikmati ketika berkunjung bersama keluarga.

Selain itu, ketika Anda ingin untuk mengadakan event bersama perusahaan ataupun oragnisasi anda, maka tak perlu khawatir. Pasalnya terdapat meeting room dan juga sound system, yang akan menunjang kebutuhan anda. hal ini dkarenakan Pulau Bidadari kerap kali dijadikan sebagai tempat destinasi bagi event seperti family gathering maupun meeting. Dengan memiliki kapasitas muat hingga ratusan orang, maka hal tersebut tentu saja mudah untuk dilakukan.

WAJIB BACA  Pembuatan Jogging Track di Waduk Setu Rampung

Memiliki sarana olahraga pantai yang akan menambah liburan menjadi lebih menyenangkan. Mulai dari sepeda, sepak bola, volly pantai, tennin meja dan juga permainan lain yakni seperti billyard. Untuk Anda yang sedang kelaparan, tak perlu khawatir. Pasalnya terdapat pula restoran yang menyediakan berbagai lehan seafood yang akan mengenyangkan perut anda.

Untuk Anda yang ingin beribadah pun tak perlu khawatir. Pasalnya, Anda bisa dengan mudah untuk menggunakan fasilitas yakni berupa mushola yang tersedi di pulau. Tak hanya itu saja, mini bar pun juga tersedia di pulau satu ini. Serta untuk Anda yang ingin untuk melakukan island hopping, maka Anda pun juga bisa menyewa perahu tradisional yang terdapat di Pulau Bidadari ini.

Selain itu, bagi Anda yang datang ke pulau satu ini dengan menggunakan agen wisata maka nantinya Anda pun akan bisa untuk mendapatkan fasilitas tambahan lainnya. sebut saja seperti tour guide yang berpengalaman. Sehingga nantinya Anda pun akan bisa mengetahui tentang seluk beluk dari pulau Bidadari. Anda pun nantinya juga bisa mendapatkan asuransi perjalanan selama mengikuti liburan di pulau ini.

Hal lain terkadang yang menjadi salah satu keuntungan mengikuti agen perjalanan wisata adalah mendapatkan fasilitas yakni free pesta BBQ untuk peserta rombongan dan juga lain sebagainya. Tentu saja, hal ini akan menjadi salah satu fasilitas menarik yang akan mengundang banyak wisatawan untuk menghabiskan waktu di pulau satu ini. Sehingga, bagi Anda yang ingin menikmati liburan akhir pekan pada tempat yang tak jauh dari Jakarta, maka Pulau Bidadari adalah tempatnya.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda tahu mengenai pulau satu ini. untuk itu, bagi Anda yang ingin melepas penat dari hiruk pikuk kota Jakarta yan padat maka Pulau Bidadari dapat menjadi salah satu alternatif yang tepat. Untuk itu, Anda pun tidak perlu menunggu liburan yang panjang ketika ingin mengunjungi pulau satu ini. Pasalnya, Anda bisa dengan mudah untuk berakhir pekan di tempat satu ini.



SItus ini ini adalah situs aggregator berita. Artikel asli dimuat disini

Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleppy
Sleppy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close